Sabtu, 09 November 2013

makalah IPTEK



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Penyusun memilih “ Museum IPTEK “ sebagai objek penyusun karya tulis ini karena penyusun menyadari bahwa Museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  adalah sarana wisata pendidikan yang menyimpan benda-benda berharga dan sangat mendidik untuk itu penyusun berharap karya tulis ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat.
B.     Rumusan Masalah
Karya tulis dengan judul “ PP-IPTEK ” akan membahas tentang :
1.      Bagaimanakah sejarah dari PP-IPTEK ?
2.      Apakah fungsi dari PP-IPTEK ?

C.    Tujuan Penulisan
Karya tulis dengan judul “ Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi TMII Jakarta”, ini disusun sebagai salah satu syarat untuk menempuh UAS dan UAN di SMP N 1 Alian, dan mengenal lebih jauh “Museum PP-IPTEK”.






















BAB II
PEMBAHASAN MASALAH

A.    SEJARAH PP-IPTEK
a.      Lokasi
PP-IPTEK berlokasi di poros utama kompleks TMII menghadap plaza perdamaian Monumen KTT Non-Blok. 
b.      Visi dan Misi

Ø  Visi
-          Menjadi wahana pembudidayaan Iptek yang dinamis dan berperan aktif dalam menciptakan masyarakat berbudaya Iptek.
Ø  Misi
-          Meningkatkan peran aktif sebagai “agen pembaruan” di masyarakat dalam pengembangan daya kreativitas dan motivasi.
-          Mengembangkan pembelajaran publik di bidang Iptek dalam mendukung program nasional.
-          Merintis pembangunan Science Central di daerah.
-          Mengembangkan referensi nasional Science Centre di Indonesia. PP-IPTEK berkomitmen untuk menjadi titik temu pembelajaran Iptek bagi segala generasi agar komunikasi, Inspirasi dan kreativitas tumbuh bersama.

c.       Program Bagi Pengunjung

ü  Program Utama                           : Menyajikan berbagai peragaan
ü  Program Kegiatan Pengunjung   : Menyelenggarakan berbagai kegiatan
  khusus.
ü  Program Kegiatan lain               : Melakukan penelitian tentang Ilmu
  Pengetahuan dan Teknologi.

d.      Manfaat Bagi Pengunjung

1.      Menggugah kesadaran dan menumbuhkan apresiasi anak didik dan masyarakat terhadap peran Iptek dalam kehidupan modern.
2.      Mendorong timbulnya rasa keingintahuan (cliriosity) terhadap Iptek.

e.       Fasilitas  
·         300 alat peraga interaktif
·         Ruang Arena Penelitian Cilik
·         Auditorium Kapasitas 130 kursi
·         Ruang Seminar
·         Caffetaria
·         Mushola
·         Parker luas
·         Aneka Kegiatan Sains
f.       Peragaan

1.      Arena Penelitian Cilik
Arena penelitian cilik dikhususkan bagi anak usia dini di bawah umur 8 tahun. Berbagai alat peraga dan permainan yang dapat melatih kognitif dan efektif terjadi di wahana ini.
Permainan-permainan sains yang menantang dan penuh warna membuat anak-anak betah berlama-lama di wahana ini.
2.      Wahana Flu Burung
Wahana ini menggambarkan tentang bagaimana mencegah wabah penyakit flu burung dalam kehidupan sehari-hari dan terbebas dari penyakit yang disebabkan oleh virus influenza HSNI. Alat mengenai virus flu burung yang dapat anda mainkan di lengkapi dengan Audio visual dan permainan-permainan edukasi yang dapat menginspirasikan anda dalam upaya pencegahan dan kesiap siagaan penyakit flu burung.
3.      Wahana Cerdas Matematika
Matematika dapat kita temui dimanapun, di alam buku dan permainan-permainan. Diwahana ini kamu dapat merasakan mudahnya belajar matematika dengan alat peraga permainan-permainan yang membuat kamu terkesan.
4.      Wahana Robotik
Wahana Robotik menampilkan model robot yang interactive yang dapat dimainkan oleh pengunjung, seperti bioloid Robo, si pemburu api, asuro, Naomi, pengukur canggih.
5.      Wahana Transportasi
Uji kemampuan berkendara dengan mengunakan alat peraga riding simulator san lihat skor yang kamu dapat. Selain itu pada wahana transportasi darat ini kamu juga dapat mengetahui cara kerja dari berbagai bagian pada kendaraan.
6.      Wahana Energi
Dalam wahana energy dikenalkan pengetahuan mengenai energy dan bagaimana pemanfaatan energy-energi untuk kehidupan. Bagaimana energy dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk energy yang lainnya.
7.      Wahana Ozon
Wahana ozon mengenalkan kita mengenai lapisan ozon. Factor yang menyebabkan terjadinya penipisan lapisan ozon di bumi dan akibat dari peristiwa itu bagi kelangsungan kehidupan di bumi. Alat peraga dan games Audio Visual yang ada di wahana ini akan membantu kita mengenal lebih dalam mengenai ozon.
8.      Wahana Getaran dan Gelombang
Diwahana ini kita akan dapat merasakan dahsyatnya getaran tsunami. Wahana ini akan membantu kita mengenal perbedaan dari gelombang tsunami dengan gelombang air laut dan mendalami konsep dasar dari getaran dan gelombang. Selain itu wahana ini juga mengenalkan hubungan antara bunyi dengan getaran gelombang.






B.     FUNGSI PP-IPTEK
1.      Sebagai sarana pendidikan
2.      Sebagai sarana pengetahuan dan pembelajaran
3.      Sebagai sarana tekhnologi.
  




























BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Setelah penulis menyusun karya tulis ini dengan judul “Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi TMII DKI Jakarta” dan berdasarkan apa yang penyusun peroleh walaupun belum dapat mengetahui secara mahir, tetapi penyusun dapat mengambil kesimpulan :
Ø  Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi TMII DKI Jakarta terletak diporos utama Kompleks TMII menghadap plaza perdamaian Monumen KTT Non – Blok.
Ø  PP- IPTEK TMII DKI Jakarta diprakarsai oleh Menristek. Prof. Dr. B.J. Habibie, dengan dibentuknya panitia kerja dengan SK Manistek No. 15/M/KP/IX/1984 untuk melakukan Study Banding.
B.     Kesan
Setelah kami melihat langsung ke PP – IPTEK TMII” kami benar – benar terkesan melihat semua peragaan yang ada di dalamnya. Semua yang ada sangat fungsional sehingga dapat menambah wawasan penyusun.
C.    Saran
Setelah kami menyaksikan dan memperagakan yang ada pada iptek ini kami member saran supaya dapat menarik minat, keingintahuan dan motivasi pengunjung untuk belajar. Sebaiknya pada setiap peragaan di tambahkan beberapa permainan yang menjurus ke pembelajaran yang lebih efektif, pengunjung pun dapat lebih kreatif.
Aturanpun lebih di tegaskan, agar pengunjung dapat lebih berhati-hati menggunakan fasilitas yang ada. 
  

           












DAFTAR PUSTAKA


Oktafiany Elin, Fidiana, Lely Roswiati, Sari Indriyani, 2012/2013, karya tulis “ PP- IPTEK TMII Jakarta.










 

1 komentar:

  1. Stainless Steel Tinting Kit - Titanium Price Per ounce
    Stainless Steel Tinting Kit - Stainless Steel Tinting titanium guitar chords Kit. titanium dioxide sunscreen Designed titanium hair straightener for stainless steel products. Tinting Kit by Titanium Art & Design. titanium cerakote Stainless Steel Tinting  Rating: 4.9 · ‎10 titanium dab tool reviews · ‎$11.95 · ‎In stock

    BalasHapus